adsense

Monday, September 12, 2016

Berapakah berat gelas ini?

Seorang dosen psikologi berjalan mengitari ruangan ketika dirinya sedang mengajarkan tentang pelajaran 'stress management' kepada para murid-muridnya. Kemudian dia mengangkat segelas air. Semua orang disana mengira bahwa dosen itu akan menyanyakan tentang "apakah gelas ini setengah kosong, atau setengah penuh." tetapi mereka salah. Dosen itu malahan bertanya, "Seberapa berat gelas berisi air ini?" Para murid menjawab dengan jawaban yang berbeda beda, mulai dari 500 gram sampai dengan 800 gram.

Setelah semua murid memberikan jawabannya, dosen itu tersenyum, kemudian menjelaskan, "Sebenarnya, yang menjadi masalah bukanlah 'berapakah berat gelas ini sebenarnya.' Tetapi tergantung seberapa lama aku mengangkat gelas ini. Jika aku mengangkat gelas ini hanya selama beberapa menit saja, itu tidak menjadi masalah. Tetapi jika aku mengangkatnya dalam waktu yang sangat lama, satu jam, misalnya, tanganku akan merasa nyeri.

Dia meneruskan. "Perasaan stress dan khawatir dalam kehidupan seperti gelas itu. Memikirkan Stress untuk sehari tidak akan berpengarh apa apa. Memeikirkannya sedikit lebih lama, akan mulai terasa sakit. Dan jika anda memikirkannya dalam waktu yang lama, tubuh anda akan terasa kaku dan lumpuh, tidak dapat melakukan apa apa.

Yang terpenting adalah melepaskan stress. Sebisa mungkin, lepaskan stress anda pada sore hari, jangan membawanya sampai malam hari dan ke hari berikutnya. Ingatlah untuk meletakkan gelasnya.

No comments:

Post a Comment

Pacitan Tourism